19-05-2023

Pesta Rakyat dan Otomotif Semarang

thumbnail

Samsat Digital Nasional (SIGNAL) merupakan sebuah terobosan yang dibangun oleh Pembina Samsat Nasional, yang terdiri dari tiga instansi yaitu Korlantas Polri, Bapenda Kemendagri, dan PT. Jasa Raharja. SIGNAL merupakan pelayanan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ) secara digital dengan memanfaatkan pangkalan data (database) Kendaraan Bermotor (ranmor) yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan yang ada pada Dirjen Dukcapil Kemendagri dan sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi yang diintegrasikan secara nasional sebagai sebuah sistem kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI).

Dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, SIGNAL WEEKENDERS hadir sebagai kegiatan dedikasi SIGNAL - Samsat Digital Nasional. Kegiatan ini dirancang sebagai wadah bagi masyarakat dengan minat, tujuan, dan pandangan yang sama dalam mewujudkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan dapat dilakukan dengan mudah dan aman secara online, tanpa harus mengunjungi kantor samsat. SIGNAL WEEKENDERS menjadi ajang yang menarik untuk menggugah semangat masyarakat dalam mematuhi kewajiban mereka serta menyediakan kemudahan dan kenyamanan dalam proses administrasi kendaraan bermotor.

SIGNAL WEEKENDERS melibatkan UMKM yang bergerak dibidang Makanan, Fashion dan jual beli aksesoris kendaraan bermotor yang tentunya dilengkapi dengan promo diskon yang sangat menarik. Selain itu SIGNAL WEEKENDERS akan mempromosikan berbagai UMKM lokal Jawa Tengah. Para pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam beragam program program menarik yang diadakan untuk menarik minat pengunjung dan komunitas, antara lain :

  1. SIGNAL Weekenders Opening Ceremony and Talkshow tentang taat pajak yang akan sekaligus menjadi acara pembuka. Menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang perpajakan kendaraan bermotor, seperti Kepala Badan Pendapatan Daerah, Dirlantas Polda, dan Kepala Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah. Talkshow ini hadir untuk mengedukasi masyarakat terkait digitalisasi dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

  2. Konser Rakyat. Kegiatan live music yang menghadirkan penyanyi ternama, seperti Endank Soekamti, Pertelon Koplo, Hasoe Angel, The Mayasona, Pandora Band serta pertunjukan enerjik dari band lokal dan penampilan lainnya yang siap  memeriahkan dan  menggebrak SIGNAL Weekenders.

  3. Bazaar UMKM yang menyajikan produk lokal Semarang antara lain Kuliner Viral food, Otomotif dan Fashion akan ada selama acara SIGNAL Weekenders berlangsung.

  4. FreeStyle. Ajang memamerkan kemampuan atraksi sepeda motor  dari para anak anak muda dari Loempia Xtreme.

  5. Historical City Riding. Kegiatan di hari Sabtu untuk menikmati sensasi berkeliling kota dibarengi oleh komunitas dengan menggunakan atribut dan kendaraan yang menarik diikuti oleh 50-150 peserta. Kegiatan berkendara akan bertitik akhir di lokasi acara SIGNAL Weekenders.

  6. Game dan Competition. Rangkaian perlombaan seru yang dapat diikuti oleh berbagai segmen usia. Ada game menarik yang dapat diikuti oleh keluarga, serta Game dan kompetisi seperti E-Sport PUBG, Lomba mewarnai, dan beberapa game seru lainnya. Aktivitas ini mengasah pengetahuan dan keterampilan peserta dengan keceriaan dan tantangan yang menjadi momen tak terlupakan. Para pemenang berhak untuk mendapatkan hadiah menarik.

  7. Modification Contest. Kegiatan kontes kendaraan bermotor dari berbagai kategori yang diikuti oleh 50-150 peserta oleh Kuno.id Exhibition dan Oto-Lifestyle.