16-03-2023

Pesta Rakyat dan Otomotif Jogja

thumbnail

Samsat Digital Nasional (SIGNAL) adalah salah satu terobosan yang telah dibangun oleh Pembina Samsat Nasional yang terdiri dari tiga instansi yaitu Polri (Korlantas Polri), Kemendagri (Bapenda) dan PT. Jasa Raharja. SIGNAL merupakan aplikasi penyelenggara proses layanan Pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ) secara digital. Aplikasi SIGNAL merupakan salah satu program unggulan Tim Pembina Samsat Nasional sebagai bukti nyata komitmen pemerintah bekerja sama dengan pihak perbankan dan pengelola modern channel payment yang sangat efektif dan memberikan manfaat bagi masyarakat lndonesia dalam melakukan kewajibannya.

Masyarakat luas perlu mendapatkan edukasi dan sosialisasi terkait dengan pengesahan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara digital melalui SIGNAL. SIGNAL WEEKENDERS merupakan kegiatan sebagai dedikasi SIGNAL - Samsat Digital Nasional yang dirancang untuk menjadi wadah berkumpulnya masyarakat yang mempunyai kesamaan terkait kecintaan, tujuan dan pandangan dalam mewujudkan masyarakat taat pajak kendaraan bermotor. Kegiatan ini bertujuan untuk mengusung pesan bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilaksanakan dengan mudah, secara online tanpa harus datang ke kantor samsat.

SIGNAL WEEKENDERS melibatkan UMKM yang bergerak dibidang jual beli sparepart dan aksesoris kendaraan bermotor yang tentunya dilengkapi dengan promo diskon yang sangat menarik. Selain itu SIGNAL WEEKENDERS akan mempromosikan berbagai UMKM lokal DIY. Para pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam beragam program program menarik yang diadakan untuk menarik minat pengunjung dan komunitas, antara lain :

  1. Bazaar UKM dimana akan ada produk terkait barang barang produk lokal Jogja dan otomotif.

  2. Modif Show, yaitu Kontes motor-motor dari berbagai kategori mulai matic, bebek dan sport dimana sistem penilaian dan juri adalah dari para pemilik motor tersebut untuk lebih memberikan penilaian yang adil bagi para peserta. Target peserta 30 motor dan para peserta berhak untuk mendapatkan trophy dan uang tunai serta berbagai merchandise menarik.

  3. FreeStyle. Merupakan sebuah atraksi menarik dari para anak anak muda dalam melakukan sebuah keahlian dalam menggunakan sepeda motor.

  4. Sunday Morning Ride. Kegiatan minggu pagi yang lagi tren dikalangan anak anak muda yaitu berkeliling kota dengan menggunakan atribut dan kendaraan yang menarik. Berangkat dari titik tertentu dengan finish di lokasi acara Signal Weekender.

  5. Talkshow dan Kick Off Meeting terkait taat pajak yang akan sekaligus menjadi acara pembuka.

Dalam event ini, tim SIGNAL akan hadir secara langsung untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dalam menjawab pertanyaan para wajib pajak yang hadir dalam acara ini. SIGNAL Weekenders juga menghadirkan Dirlantas Polda DIY, Kepala BPKA DIY dan Kepala PT. Jasa Raharja Cabang DIY yang akan diharapkan dapat menjadi momentum untuk semakin memperkenalkan SIGNAL kepada masyarakat demi mewujudkan masyarakat taat pajak.