Hadirnya aplikasi SIGNAL sebagai salah satu aplikasi yang bermanfaat untuk pengesahan STNK secara online, menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat. Namun, dalam prakteknya, tidak sedikit pengguna yang mengalami kendala saat akan melakukan pengesahan STNK melalui SIGNAL. Hal itulah yang membuat beberapa pengguna panik, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan aplikasi SIGNAL.
Tapi jangan khawatir, karena hal tersebut bisa teratasi jadi jangan panik ya! Berikut adalah beberapa hal yang biasanya terjadi saat kamu melakukan pengesahan melalui aplikasi SIGNAL:
Gagal Daftar Kendaraan
Saat akan melakukan pendaftaran kendaraan, seringkali kamu mendapatkan notifikasi "Gagal Daftar Kendaraan". Hal tersebut, bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah:
Jadi, pastikan data yang kamu input sudah sesuai dengan data kendaraanmu ya!
Tidak Bisa Log in/Lupa Password
Sahabat SIGNAL, jika akun kamu telah terdaftar dan akan sudah log in di aplikasi namun lupa password yang sekarang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
Kode Bayar Kadaluwarsa
Jika kamu telah mendapatkan kode bayar saat akan melakukan pendaftaran, maka ada baiknya kalau kamu dapat segera membayarkannya. Karena kode bayar hanya berlaku 2 jam setelah ter-generate. Namun, jika kode bayar kadaluwarsa, maka kamu dapat melakukan pengesahan ulang.
Wilayah Tidak Terisi
Saat melakukan proses pengisian registrasi mengalami kendala, seperti wilayah Samsat tidak muncul saat klik lanjut, maka ada baiknya untuk kamu dapat menghapus data kendaraan terlebih dahulu, kemudian daftar ulang, dan kembali melakukan pendaftaran pengesahan STNK kembali.
Pembayaran Kadaluwarsa
Salah satu kendala yang sering dialami pengguna adalah adanya status kadaluwarsa setelah melakukan pembayaran. Eits, jika kamu mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Karena tenggang waktu untuk menunggu pembayaran terupdate adalah 2x24 jam. Jadi, jangan panik dulu ya! Karena pembayaran akan otomatis terupdate maksimal di 2x24 jam (tidak termasuk hari libur/tanggal merah)
Aplikasi SIGNAL merupakan inovasi layanan publik yang membantu masyarakat. Meski demikian, pemahaman terkait prosedur serta solusi atas kendala teknis sangat penting agar proses pembayaran dapat berjalan dengan lancar.
Namun, jika beberapa kendala tersebut masih tetap terjadi meski telah melakukan prosedur diatas, harap untuk kamu dapat menghubungi Tim Customer Service resmi SIGNAL di https://samsatdigital.id atau melalui email di [email protected].