22-09-2025

Alami Ini Di Signal? Jangan Panik! Ini Kuncinya

thumbnail

Hadirnya aplikasi SIGNAL sebagai salah satu aplikasi yang bermanfaat untuk pengesahan STNK secara online, menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat. Namun, dalam prakteknya, tidak sedikit pengguna yang mengalami kendala saat akan melakukan pengesahan STNK melalui SIGNAL. Hal itulah yang membuat beberapa pengguna panik, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan aplikasi SIGNAL.

Tapi jangan khawatir, karena hal tersebut bisa teratasi jadi jangan panik ya! Berikut adalah beberapa hal yang biasanya terjadi saat kamu melakukan pengesahan melalui aplikasi SIGNAL:

  1. Gagal Daftar Kendaraan
    Saat akan melakukan pendaftaran kendaraan, seringkali kamu mendapatkan notifikasi "Gagal Daftar Kendaraan". Hal tersebut, bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah:

    • Kesalahan dalam menginput data (NIK, nomor polisi, nomor rangka, dan lain sebagainya)
    • Data kendaraan belum terintegrasi sepenuhnya dengan Sistem Samsat
    • Kendaraan masih atas nama orang lain
    • Pembayaran pajak 5 tahun

    Jadi, pastikan data yang kamu input sudah sesuai dengan data kendaraanmu ya!

  2. Tidak Bisa Log in/Lupa Password
    Sahabat SIGNAL, jika akun kamu telah terdaftar dan akan sudah log in di aplikasi namun lupa password yang sekarang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

    • Klik lupa kata sandi
    • Masukkan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi SIGNAL
    • Kirim permintaan kode OTP ke nomor telepon yang didaftarkan
    • Buat kata sandi baru
    • Kamu bisa log in kembali dengan nomor telepon yang terdaftar dan kata sandi baru
  3. Kode Bayar Kadaluwarsa
    Jika kamu telah mendapatkan kode bayar saat akan melakukan pendaftaran, maka ada baiknya kalau kamu dapat  segera membayarkannya. Karena kode bayar hanya berlaku 2 jam setelah ter-generate. Namun, jika kode bayar kadaluwarsa, maka kamu dapat melakukan pengesahan ulang.

  4. Wilayah Tidak Terisi
    Saat melakukan proses pengisian registrasi mengalami kendala, seperti wilayah Samsat tidak muncul saat klik lanjut, maka ada baiknya untuk kamu dapat menghapus data kendaraan terlebih dahulu, kemudian daftar ulang, dan kembali melakukan pendaftaran pengesahan STNK kembali.

  5. Pembayaran Kadaluwarsa
    Salah satu kendala yang sering dialami pengguna adalah adanya status kadaluwarsa setelah melakukan pembayaran. Eits, jika kamu mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Karena tenggang waktu untuk menunggu pembayaran terupdate adalah 2x24 jam. Jadi, jangan panik dulu ya! Karena pembayaran akan otomatis terupdate maksimal di 2x24 jam (tidak termasuk hari libur/tanggal merah)

Aplikasi SIGNAL merupakan inovasi layanan publik yang membantu masyarakat. Meski demikian, pemahaman terkait prosedur serta solusi atas kendala teknis sangat penting agar proses pembayaran dapat berjalan dengan lancar.

Namun, jika beberapa kendala tersebut masih tetap terjadi meski telah melakukan prosedur diatas, harap untuk kamu dapat menghubungi Tim Customer Service resmi SIGNAL di https://samsatdigital.id atau melalui email di [email protected].

Artikel Lainnya
Bagikan: